Galaksi 'Cosmic Ring of Fire' yang Sangat Langka, Galaksi Berjarak 10,8 Miliar Tahun Cahaya dari Bumi

Jun 03, 2020


Galaksi R5519 berbentuk donat yang memiliki lubang raksasa setelah tabrakan dengan galaksi lain.
Ini sebenarnya adalah galaksi raksasa yang memiliki bentuk cincin di mana bintang-bintang terbentuk dengan sangat cepat, sehingga benar-benar menjadikannya cincin api.  Sesuai para ilmuwan, ini adalah yang pertama "galaksi cincin tumbukan" yang terletak di alam semesta awal dan mengambil bentuk ini setelah tumbukan besar antara dua galaksi.


Galaksi tersebut dinamai R5519 dan penemuannya diumumkan dalam jurnal Nature Astronomy.  Karena letaknya sangat jauh, cahaya dari R5519 membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai bumi, sehingga gambar-gambar galaksi yang baru saja ditangkap berusia sekitar 11 miliar tahun.  Galaksi berbentuk cincin memiliki lubang di tengah dan kira-kira seberat Bimasakti kita.
Penemuan terbaru dapat mengubah cara para ilmuwan dan peneliti memahami pembentukan dan evolusi galaksi.

"Formasi tumbukan galaksi cincin memerlukan cakram tipis untuk hadir di galaksi 'korban' sebelum tabrakan terjadi," kata Profesor Kenneth Freeman dari Universitas Nasional Australia.  “Dalam kasus galaksi cincin ini, kita melihat kembali ke alam semesta awal pada 11 miliar tahun, ke masa ketika cakram tipis baru saja berkumpul.  Sebagai perbandingan, piringan tipis Bimasakti kita mulai bersatu hanya sekitar sembilan miliar tahun yang lalu.  Penemuan ini merupakan indikasi bahwa rakitan disk di galaksi spiral terjadi selama periode yang lebih panjang daripada yang diperkirakan sebelumnya. "


Diperkirakan bahwa di alam semesta awal, galaksi memiliki bentuk tidak teratur dan galaksi berbentuk cakram terbentuk sekitar 6 miliar tahun setelah Big Bang.  Namun, berdasarkan temuan ini, para ilmuwan berpikir ada galaksi disk hanya 3 miliar tahun setelah Big Bang, yang bertabrakan dengan galaksi lain untuk mencapai bentuk cincin ini.  Interpretasi ini semakin diperkuat oleh laporan terbaru lainnya yang menyebutkan penemuan Galaksi Wolfe Disk yang baru berusia 1,5 miliar tahun

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.