Bahaya Merkuri dalam Bahan Skincare

Knowledge Mei 26, 2020

https://i.pinimg.com/originals/e7/cd/c2/e7cdc2185facdb5a0df7d9f0508fa4a6.jpg

Merkuri adalah unsur kimia dengan simbol Hg dan nomor atom 80. Biasanya dikenal sebagai quicksilver dan sebelumnya bernama hydrargyrum . Merkuri adalah satu-satunya unsur logam yang cair pada kondisi standar untuk suhu dan tekanan.

Merkuri merupakan suatu bahan kimia yang dapat ditemukan sebagai bahan tambahan dalam sabun dan krim pencerah kulit, serta sebagai pengawet produk kosmetik, terutama untuk produk maskara dan pembersih rias mata.

Merkuri sangat populer dipakai dalam kandungan produk pemutih karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Padahal di balik hal itu, merkuri justru sangat berbahaya.

Di Indonesia, penggunaan merkuri pada produk-produk tersebut sudah dilarang berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1175/Menkes/Per/VIII/2010 Tahun 2010 tentang Izin Produksi Kosmetika. Kemudian, diperjelas dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Nomor HK.03.1.23.08.11.07517 Tahun 2011 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik.

Tetapi, tidak semua penggunaan merkuri dilarang. Berdasarkan lampiran dari Peraturan Kepala BPOM disebutkan dua jenis merkuri yang diperbolehkan dalam kadar 0,007 % dan hanya untuk digunakan pada produk tata rias mata dan pembersih tata rias mata.

Secara umum, berikut ini adalah ciri-ciri kulit wajah terkena merkuri :

- Muncul ruam kemerahan

-Mengalami perubahan warna kulit yang sangat cepat dan berbeda dari warna kulit dasar

- Terbentuk jaringan parut

- Wajah terasa gatal dan perih

- Kulit mudah terkelupas

- Sangat rentan terkena infeksi bakteri maupun jamur

Penggunaan merkuri pada produk pemutih kulit dapat menyebabkan  efek karsinogenik, yaitu kemungkinan dapat memicu kanker. Maka dari itu penggunaan produk pemutih kulit mengandung merkuri, juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Nah buat kalian para wanita, diharapkan untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan produk kosmetik,. apalagi jika di iming- imingidengan hasil yang instan.

Nah, ada beberapa tips dari mimin buat kalian semua supaya gak ketipu dengan hasil instan dari skin care dan makeup abal-abal ;

- Periksa label dari produk pencerah kulit, antipenuaan, atau produk kulit lain yang akan kalian gunakan.

- Produk kosmetik dengan kadar merkuri tinggi biasanya dapat dikenali dari teksturnya yang berwarna abu-abu atau krem.

- Pastikan produk yang akan kalian gunakan sudah terdaftar di BPOM.

- Hindari menggunakan produk palsu/ KW dengan harga lebih murah daripada yang biasa kalian liat dipasaran.

- Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual skincare abal- abal. Memang ada beberapa makeup dan skin care murah yang bagus, asal sudah terdaftar di BPOM dan jelas asal - usulnya. Contoh produk skin care dan makeup murah yang bagus untuk untuk digunakan adalah Viva, Citra , Pond’s, Emina, Wardah, Clean & Clear, Garnier dsb. Nah pilih sesuai dengan jenis kulit kalian ya.

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming produk kosmetik pemutih kulit yang mengandung merkuri, hanya untuk mendapatkan kulit putih dalam sekejap. Produk kosmetika yang mengandung bahan berbahaya akan membawa dampak buruk terhadap kulit maupun kesehatan secara keseluruhan .

  • Fatma.

Sc.

https://www.alodokter.com/waspadai-pemutih-kulit-mengandung-merkuri

https://www.medicinenet.com/mercury_poisoning/article.htm

https://id.priceprice.com/perawatan-wajah/

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.