PERBEDAAN RAPID TEST DENGAN SWAB TEST

Mei 28, 2020

Ratusan ribu alat rapid test corona sudah masuk di Indonesia, alat ini nantinya akan dijadikan sarana deteksi awal pada virus corona yang telah meluas di Indonesia.

Banyak orang mengira bahwa rapid test sama dengan swab test yang biasa dilakukan untuk mendeteksi virus. Padahal anggapan tersebut tidak tepat, rapid test dengan swab test adalah pemeriksaan yang berbeda.

Lalu apa perbedaannya ?
Yuk kita simak!

1. Jenis sampel yang diambil
Rapid test di Indonesia dilakukan menggunakan sampel darah, sedangkan swab test dilakukan menggunakan sampel lendir yang diambil dari tenggorokan atau hidung pasien

2. Cara kerja
Rapid test memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM yang ada dalam darah. Apa itu IgG dan IgM ? Keduanya merupakan antibodi yang terbentuk dalam tubuh kita saat tubuh terinfeksi virus. Jumlah IgG dan IgM dalam tubuh akan bertambah jika tubuh kita terinfeksi virus.

Hasil rapid test menggunakan sampel darah tersebut dapat memperlihatkan adanya IgG dan IgM dalam tubuh. Jika dalam tubuh terdapat IgG dan IgM, maka hasil rapid test tersebut positif adanya infeksi virus. Namun, hasil tersebut bukanlah diagnosis yang menggambarkan infeksi Covid-19.

Maka, orang dengan hasil positif rapid test akan menjalani pemeriksaan lanjutan berupa swab test tenggorokan atau hidung. Hal ini dinilai efektif, karena virus akan menempel di bagian hidung atau tenggorokan saat masuk ke tubuh.

Sampel lendir yang diambil menggunakan metode swab, selanjutnya akan diperiksa menggunakan metode PCR. Hasil akhir dari pemeriksaan ini akan benar - benar menunjukkan seseorang apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak.

3. Waktu yang diperlukan
Rapid test hanya memerlukan waktu 10 - 15 menit hingga hasilnya keluar.
Sedangkan swab test menggunakan metode PCR membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari sampai hasil test keluar.

4. Kelebihan dan kekurangan rapid test
Rapid test memiliki kelebihan yaitu dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis. Metode ini juga bisa dijadikan alternatif skrinning untuk mendata orang - orang yang butuh pemeriksaan lanjutan dengan cepat.

Kekurangannya, hasil rapid test tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis Covid-19.
Pasien dengan hasil positif rapid test harus menjalani pemeriksaan lanjutan berupa swab test.

Sedangkan bagi pasien dengan hasil negatif namun menunjukkan gejala sakit, akan disarankan melakukan rapid test ulang pada 7-10 hari kemudian. Atau jika kondisi tidak memungkinkan bisa melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Hal ini dikarenakan antibodi IgG dan IgM yang diperiksa saat rapid test tidak langsung terbentuk begitu kalian terinfeksi.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 7 hari hingga antibodi tersebut terbentuk. Misalnya jika kalian terinfeksi virus corona kemarin, lalu menjalani rapid test hari ini maka kemungkinan besar hasilnya akan negatif. Nah inilah yang dinamakan false negative atau negatif palsu.

Sedangkan jika hasil rapid test kalian positif, terdapat dua kemungkinan : kalian benar terinfeksi Covid-19 atau terinfeksi virus lain, seperti demam berdarah. Hal ini dinamakan false positive atau positif palsu.

5. Kelebihan dan kekurangan swab test dan PCR
Pemeriksaan swab adalah cara untuk mendapatkan sampel yang akan digunakan dalam pemeriksaan metode PCR.
Sedangkan PCR adalah sebuah metode pemeriksaan untuk mendeteksi infeksi virus corona, dengan cara mencocokan DNA atau RNA pada sampel swab yang telah diambil dengan DNA SARS-COV2 yang sebelumnya sudah ada. Jadi dalam pemeriksaan corona, pemeriksaan swab dan PCR merupakan satu kesatuan.

Pemeriksaan menggunakan metode ini dianggap sebagai cara paling akurat dalam mendeteksi virus Covid-19. Namun, metode pemeriksaan ini lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pemeriksaan sampel pun hanya bisa dilakukan di laboratorium dengan kelengkapan khusus. Saat ini, baru ada sekitar 48 laboratorium dengan fasilitas tersebut di Indonesia, sehingga kapasitas pemeriksaannya pun tidak terlalu besar. Akibatnya, butuh waktu beberapa jam hingga beberapa hari hingga hasil tes bisa keluar.

-Lutfi

Source :
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/27/140107120/rapid-test-corona-tak-sama-dengan-pemeriksaan-swab-ini-penjelasannya?page=all
https://katadata.co.id/berita/2020/04/07/perbedaan-rapid-test-dan-tes-swab-untuk-deteksi-covid-19

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.