Objek Aktif yang Aneh di Orbit Planet Jupiter

Science Mei 25, 2020

Objek yang berada di orbit planet jupiter bukan hanya asteroid maupun komet yang mengelilingi planet jupiter namun bisa jadi keduanya yang mengelilingi planet tersebut. Itupun menjadi objek pertama dari jenisnya yang pernah terdeksi

Say hello to 2019 LD2, satu-satunya Trojan Jupiter aktif yang diketahui sains.  Trojan adalah sekelompok besar asteroid yang terletak di jalur orbit yang sama dengan Jupiter, dan mereka semua mati, asteroid inert , kecuali yang ini, yang sekarang menawarkan ekor yang sangat mirip komet, menurut siaran pers yang dikeluarkan  oleh Institut Astronomi Universitas Hawaii.

Benda langit bertubuh kecil cenderung dikategorikan sebagai asteroid atau komet. tetapi komet sering digambarkan sebagai bola salju kotor melepaskan material permukaan yang mudah menguap saat menjelajah dekat dengan Matahari.  Ini menciptakan ekor yang terlihat dan titik yang bersinar di sekitar nukleus.

Tapi ada semacam kelas objek di antaranya, yang dikenal sebagai asteroid aktif.  Ini adalah asteroid yang tiba-tiba bermunculan untuk hidup, seperti asteroid yang berputar sendiri dan liar (6478).

Seperti namanya, 2019 LD2 ditemukan tahun lalu, khususnya pada awal Juni.  Itu ditemukan oleh para astronom di Sistem Peringatan Terakhir Asteroid Terestrial dampak Asteroid Universitas Hawaii (ATLAS), yang biasanya digunakan untuk menemukan objek yang mengancam Bumi.  Namun, kadang-kadang, ia menemukan keingintahuan astronomi yang tidak berbahaya, seperti ini.

Ketika 2019 LD2 pertama kali terlihat, penampilannya yang kabur menyebabkan kecurigaan bahwa itu mungkin sebuah komet atau setidaknya seperti komet.  Sebuah tim kolaborasi dari Queen's University Belfast mendukung kecurigaan ini.  Serangkaian pengamatan ATLAS kedua pada Juli 2019 memperkuat kasus ini, dengan gambar-gambar yang memperlihatkan ekor mirip komet yang samar, kemungkinan terdiri dari gas dan debu.  Pengamatan pada akhir 2019 dan awal 2020 menunjukkan bahwa 2019 LD2 tetap aktif

Asteroid aktif jarang terjadi, tetapi penemuan Trojan Jupiter aktif belum pernah terjadi sebelumnya.  Raksasa gas ini memiliki dua kawanan besar asteroid di sepanjang jalur orbitnya, satu di depan dan satu di belakang.  Jupiter mengumpulkan kelompok langit ini lebih dari satu miliar tahun yang lalu, berkat pesonanya yang luar biasa, atau dikenal sebagai gravitasi.  2019 LD2 terletak di rumpun Trojan di depan planet ini.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.