Mengenal Hikikomori, Penyakit Yang Membuat Penderitanya Mengurung Diri di Dalam Kamar

Knowledge Mei 17, 2020

Hallo guys… Gimana nih kabarnya? Setelah kebijakan #DiRumahAja diberlakukan hampir satu bulan. Semoga kalian masih betah ya guys dan setelah pandemi ini hilang, kalian kembali normal serta gak nolep karena kebanyakan berdiam diri di dalam rumah.

Ngomong-ngomong soal kebanyakan berdiam diri di dalam rumah, di Jepang ada sebuah penyakit yang membuat penderitanya takut bertemu dengan orang lain, lho… Namanya hikikomori, pernah dengar?

Hikikomori secara harafiah berarti menarik diri atau mengurung diri. Penyakit ini membuat penderitanya mengurung diri di dalam kamar selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, lho.

Seseorang yang menderita hikikomori biasanya akan menghilang dari kehidupan. Mereka akan menghapus semua kontak yang mereka kenal sehingga sulit untuk dihubungi. Dan di media sosial merekapun tidak ditemui update-an.

Lalau kenapa seseorang bisa menderita hikikomori?

Ada beberapa faktor penyebab, kenapa seseorang bisa melakukan hikikomori, antara lain lingkungan sekolah seperti sering dibully dan gagal ujian.

Dari lingkungan keluarga seperti kebiasaan dimanja, sehingga seorang anak tidak ingin meninggalkan zona nyamannya di rumah.

Dan penyebab dari diri sendiri akibat perasaan stres dan depresi yang berlebihan.

Di Jepang, penyakit hikikomori lebih banyak diderita oleh anak laki-laki dari pada anak perempuan. Hal ini terjadi karena anak laki-laki di Jepang, lebih banyak mendapatkan tekanan dan masalah.

Lalu, apakah hikikomori ini bisa disembuhkan?

Tentunya bisa, namaun bukan dengan obat. Penderita hikikomori ini hanya bisa disembuhkan dengan terapi psikologis. Selain itu, penderitanya juga harus punya keinginan untuk sembuh. Kalau tidak, penyakit ini akan susah untuk disembuhkan.

Menyeramkan juga, ya, penyakit hikikomori ini!

Kalo KUMans merasa sering dibully atau tidak dihargai jangan pernah coba-coba untuk melakukan hikikomori, ya. Lebih baik kalian buktiin deh, ke orang-orang yang sering membully dan meremehkan kalian, kalo kalian itu mampu. Karena orang yang menakutkan bukanlah orang yang memiliki tubuh yang kekar, tapi orang yang memiliki tujuan yang jelas. Mangatsss…

Source :

https://solusik.com/apa-itu-hikikomori-jepang/

https://bobo.grid.id/amp/082013814/aneh-di-jepang-ada-penyakit-yang-membuat-penderitanya-takut-bertemu-orang-lain-apa-namanya?page=3

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.