Keutamaan dan 6 Prinsip Belajar Al-Qur'an

Knowledge Mei 12, 2020

https://harakah.id/wp-content/uploads/2019/05/wp3257843-1.jpg

Puasa terus berlanjut ibadahpun terus berjalan hingga akhir hayat guna mengumpulkan semua amal untuk didunia dan akhirat kelak, seperti membaca alqur'an dan kandungan dalam al qur'an.

Admin akan membahas keutamaan mempelajari Al Qur'an dan memberikan 6 prinsip pemula untuk belajar Al Qur'an dengan ridho Allah agar dimudahkan, dan untuk yang belum bisa jangan minder tetap optimis, jadi jangan jadikan tolak ukur usia untuk belajar Al Qur'an. Banyak yang bilang nunggu udah tua sama punya anak, baru belajar al Qur'an sedangkan sisi lain ajal lah yang menunggu kita lebih awal, atau malah diberi kesehatan yang lama tapi enggan belajar karena malu dengan anak kecil karena faktor usia.

Sebenernya belajar tidak memandang usia seseorang, sesuai hadist ini yang mewajibkan semua untuk belajar.

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Orang yang belajar alqur'an akan mendapatkan keutamaan disisi Allah SWT.

A. Kita Akan Digolongkan Menjadi Sebaik - Baik Umat Nabi Muhammad.

Dari Usman bin Affan berkata : Rosulullah Bersabda : "Sebaik - baiknya orang diantara kalian adalah yang mempelajari Al - Qur'an dan mengajarkannya." (H.R Bukhori)

B. Al - Qur'an yang kita baca, besok pada hari Qiyamat akan menjadi pembela.

Dari Abu Ummah bekata : Rasullulah bersabda : "Bacalah Al - Qur'an karena ia akan datang pada hari Qiyamat sebagai pembela bagi orang yang mempelajari dan mentaati artinya".

C. Anda akan digolongkan sebagai Ahlullah.

Dari Anas, ia berkata: Rosulullah bersabda: "Sesungguhnya Allah mempunyai dua ahli diantara manusia. Mereka bertanya: siapakah mereka itu wahai Rasulullah ? Beliau menjawab: Ahli Al Qur'an adalah Ahli (tentang) Allah dan orang - orangnya yang khusus". (H.R. An-Nasai, Ahmad dan Ibnu Majah).

D. Anda akan mendapatkan pahala berlipat gandakkan (10x kebaikan ) dari setiap huruf Al - Qur'an dibaca.

Dari Ibnu Mas'ud berkata: Rasulullah bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka mendapat hasanat dan tiap hasanat dilipatkan sepuluh kali, Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf" (H.R Tirmidzi).

Nah nikmat mana yang kau dustakan dari setiap jaminan Allah ? Hanya untuk mempelajari Al - Qur'an saja kita mendapat asuransi dunia dan akhirat.

6 Prinsip Belajar Al-Qur'an.

1. Luruskan Niat Anda Hanya Allah Semata.**

Nah, banyak kan yang belajar Al-Qur'an pengen dipuji alim, hal tersebut termasuk musyrik.

"Sesungguhnya riya adalah syirik kecil"

(HR. Ahmad & Al-Hakim)

Sebelum melakukan sesuatu, sebaiknya memantapkan suatu niat, jika beniat karna Allah SWT maka amalan kita akan diterima namun jika niat kita selain Allah amalan akan rusak.

Sebagaimana Firman Allah dalam surat Az-Zumar :2,4 "Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya. Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik).

Rosulullah bersabda, " Sesungguhnya (sempurna dan sahnya) ibadah itu ditentukan oleh niat. Dan bagi setiap orang itu berlaku adalah apa yang diniatkannya" (H.R. Bukhori dan Muslim).

2. Kuatkan ! Kemauan Anda, Jangan Sampai Surut.

Dalam pembelajaran Al-Qur'an pasti ada turun naiknya suatu kemauan jadi usahakan kemauan anda tetap naik sebagai modal belajar yang diridhoi.

Allah berfirman yang artinya: "Dan orang orang yang berjihad untuk (mencari keridhoan) kami, benar-benar akan kami tunjukan kepada mereka jalan jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar bersama orang baik."(Q.S. Al 'Ankabut:69)

Sebagaimana kata-kata hikmah mengatakan "Barang siapa yang bersungguh-sungguh dia akan mendapat (apa yang diinginkan)"

3. Hilangkan! Menstigma Bahwa Belajar Ngaji Itu Sulit.

Sebenernya orang semacam ini akan kesulitan dalam mendapatkan ridho karena orang tersebut adalah orang pesimis, yang membuat pola pemikiran susah untuk melakukan perkembangan dan kemajuan.

Kecuali orang yang optimis, dia akan dimudahkan dalam setiap hal.

Dan diriwayatkan bahwa Abdullah bin Abbas mengatakan: "Sesungguhnya seseorang itu terjaga karena niatnya". Yang lain mengatakan: "Manusia akan diberi (pahala) sesuai dengan niatnya"

Jadi tetap semangat dan optimis, dan ubahlah mindset kalian bahwa tidak ada yang mudah dalam suatu perjuangan.

4. Dilarang Mencaci Diri Sendiri.

Banyak kasus dalam pembelajaran Al-qur'an minder "aku bodoh , aku tidak hapal dengan huruf hijaiyah , malu maluin udah tua masih tidak lancar" nah coba ubahlah mindset sedemikian menjadi tolak ukur jika tidak hapal dan belom lancar dalam pembelajaran Al-qur'an sudah sepantasnya untuk belajar lebih tekun lagi.

5. Berdo'a ! Memohon Kemudahan.

Nah ini yang penting, ridhonya Allah apabila kita meminta restu dengan berdo'a dan berserah diri dan Allah akan menentukan hasilnya.

Allah berfirman: "Aku akan mengabulkan permohonan orang yang mendo'a apabila ia berdo'a kepada Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran". (Q.S Al-Baqaroh:186)

6. Bersabarlah Dan Ikhlas Menjalani !

Kesabaran yang dilandasi dengan ikhlas mereka akan mudah dalam memahami.

"Barangsiapa dikehendaki kebaikan oleh Allâh, Dia menjadikannya faham terhadap agama.". [HR. Al-Bukhâri, no: 71]

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.