Jenis Jenis Kapal Perang

Jun 01, 2020

Halo gaes...

Kembali lagi bersama mimin....

Gimana udah makan belum, makan dulu ,jangan hape tross:v

Oke... Kali ini mimin akan membahas tentang macam-macam kapal perang yang biasanya susah dibedain bagi orang yang kurang begitu paham tentang dunia kemiliteran....

Oke, mimin akan membahas ini menjadi dua part ya....

Pertama-tama apasih itu Kapal Perang?....

Kapal Perang adalah Kapal yang digunakan untuk kepentingan kemiliteran atau angkatan bersenjata untuk mempertahankan kedaulatan perairan suatu bangsa dari gangguan kapal asing yang melakukan aksi slonong boy (melewati perairan sah negara tanpa izin otoritas negara).

Umumnya Kapal Perang dibagi atas Kapal Induk, LPD, Kapal Frigate, Korvet, Kapal Pembersih Ranjau, Kapal Destroyer, Kapal Battleship dan lain sebagainya.

Kapal Perang harus dilengkapi radar untuk mendeteksi keberadaan musuh, senjata kecil hingga besar, peluru kendali serta berbagai kecanggihan lainya seiring berkembangnya zaman. Selain membawa senjata Kapal Perang juga bisa mengangkut personil tentara, Kendaraan Militer, Alat Pertahan Militer, dsb.

Skuyy... kita akan lanjut ke macam-macam Kapal Perang....

1.Kapal Frigate

Adalah kapal perang yang bertipe sebagai kapal pengawal, atau kalau terdesak sebagai pemukul mundur musuh dari daerah teritorial, Kapal Frigate lebih besar dari Kapal Patroli Lepas Pantai.

Istilah Kapal Frigate merujuk pada peran dan ukuran kapal yang berbeda.

Pada zaman pelayaran Kapal Frigate digunakan untuk mengawal kapal dagang. Namun, juga dipersenjatai untuk pertahanan diri.

Saat ini Kapal Frigate adalah salah satu Kapal Kombatan yang digunakan untuk patroli samudra serta pengawalan Kapal Dagang dan Tanker dari perompak.

Kapal Frigate modern biasanya dilengkapi meriam serbaguna, torpedo, rudal anti permukaan, dan rudal permukan ke udara. Secara spesifik Frigate terbagi atas spesialis Kapal Selam, Patroli, dan pertahanan udara.

2. Kapal Induk (Carrier Vessel)

Adalah sebutan untuk Kapal Perang yang dapat memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugas Kapal Induk adalah memindahkan Angkatan Udara ke Angkatan Laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut.

Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando dan effect detterence bagi musuh.

Kapal Induk juga memiliki fungsi sebagai pengintaian, superioritas udara, dan support. Sehingga memudahkan sebuah pelaksanaan operasi penyerbuan ataupun pengeboman disuatu negara.

3. Kapal Battle Cruiser (Kapal Penjelajah Tempur)

Battle Cruiser merupakan jenis kapal tempur yang berukuran besar dan persenjataan yang lebih banyak serta kecepatan yang lebih cepat dari kapal penjelajah biasa. Selain kelebihan diatas, Battle Cruiser juga memiliki kelemahan dari segi lapisan baja yang tipis, dan daya tembak yang lemah. Sehingga kurang cocok untuk pertempuran sergam dan serbu mandiri apabila tidak terdapat kapal perang pembantu.

4. Kapal Korvete

Korvete merupakan jenis Kapal Perang yang lebih kecil dari Frigate dan lebih besar dari Kapal Patroli. Kapal Korvete biasanya dimasukan kedalam kategori Kapal Patroli, karena kapal ini mampu melakukan operasi sergap dan serbu secara mandiri. Tujuan dibuat kapal Korvete adalah untuk melindungi Kapal Dagang dan Patroli Lepas Pantai. Desain Korvete terbaru juga mampu mengangkut Helikopter, selain itu  harga nya yang terjangkau oleh banyak negara dengan kemampuan seperti Kapal Destroyer namun berukuran lebih kecil dari Destroyer.

5.Landing Platform Dock (LPD)

Adalah kapal perang ampfibi yang membawa dan mendaratkan elemen Angkatan Darat untuk misi perang gerak cepat. Kapal-kapal ini dirancang untuk membawa ke zona pertempuran lewat laut dan memiliki kemampuan udara terbatas( kebanyakan kekuatan udara yang diangkut adalah Helikopter).

6. Kapal Perusak (Destroyer)

Kapal Destroyer merupakan kapal perang yang mampu bergerak cepat serta lincah bermanuver. Selain itu fungsi Kapal Destroyer adalah memproteksi kapal perang ukuran besar (seperti Kapal Induk, Battleship, dan Cruiser), dari ancaman penyerangan peralatan perang yang lebih kecil seperti Kapal Torpedo, Kapal Selam, Pesawat Tempur.

Sekian dulu sobat Uarnix...

Ditunggu ya part 2 nya....

Ardian~

Sc

https://presmarymethuen.org/id/dictionary/what-is-the-difference-between-a-cruiser-a-destroyer-and-an-aircraft-carrier/

https://moondoggiesmusic.com/jenis-jenis-kapal-perang/

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.