Selamat Hari Batik Nasional

Okt 02, 2020

Pada Hari ini tepat pada tanggal 2 Oktober menjadi hari istimewa bagi bangsa Indonesia. Tepatnya 2 Oktober 2009 Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO memberikan pengakuan internasional : Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, pemerintah pun menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Pengakuan UNESCO membuat batik menjadi semakin diakui di kancah internasional. Membuat citranya makin dikenal oleh dunia tentunya. Batik bukan hanya sebagai pakaian tradisional dan kaku. Lebih jauh, batik saat ini telah digemari setiap kalangan dari mulai anak-anak hingga usia dewasa termasuk kaum milenial sekarang dengan dimunculkan motif-motif yang lebih modern.

Dengan dijadikannya status sebagai warisan budaya dunia, tentunya menjadi bangga dan jangan lupakan untuk tanggung jawab kita semua agar terus melestarikan batik Indonesia.

Selamat Hari Batik Nasional !

-RA

SOURCE :

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/02/071000065/hari-batik-nasional-2-oktober-ini-sejarah-di-balik-penetapannya?page=all

https://nasional.okezone.com/read/2020/10/02/337/2287148/peristiwa-2-oktober-selamat-hari-batik-nasional

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.