Guardian of the Golden Gate : Kevin Briggs

Inspiration Apr 17, 2020
Sersan Kevin Briggs.

Halo guys, dikesempatan kali ini, ada cerita inspiratif yang bagus untuk kita simak bersama-sama nih. Cerita inspiratif ini berasal dari seorang sersan petugas patroli jalan raya di California yang berhasil menyelamatkan dan mencegah orang bunuh diri di jembatan Golden Gate.

Sebelum masuk ke dalam cerita, ada informasi menarik nih. Ternyata jembatan Golden Gate ini adalah salah satu jembatan yang paling sering digunakan untuk bunuh diri di Amerika Serikat lho guys. Di rentang waktu 1937 hingga 2012, diperkirakan ada 1.400 mayat ditemukan dari orang-orang yang melompat dari Jembatan Golden Gate ini.

Sersan Kevin Briggs adalah seorang petugas patroli jalan raya California yang terkenal karena pekerjaan nya dalam mengintervensi bunuh diri. Buat temen-temen yang belum tau apa sih intervensi itu, intervensi adalah suatu upaya untuk mencampuri urusan orang lain yang jelas bukan urusan kita, begitu penjabaran singkatnya. Nah disini, istilah mencampuri urusan orang lain yang di lakukan oleh sersan Briggs adalah dalam hal yang positif ya guys.

Ada lebih dari dua ratus orang yang sudah Briggs bujuk supaya tidak jadi bunuh diri di jembatan Golden Gate, salah satunya adalah Kevin Berthia. Di suatu sore bulan Maret 2005, Berthia berniat untuk bunuh diri dan memanjat pagar pembatas jembatan. Alasannya untuk bunuh diri adalah karena ia baru saja di pecat dari pekerjaannya ditambah lagi kekasihnya yang sedang mengandung anak mereka.

Beruntungnya saat itu sersan Briggs sedang bertugas dan mencegah Berthia untuk melakukan aksinya. Briggs berkata, “ Aku tahu kau pasti sangat kesakitan, jika ingin berbicara, saya ada disini untuk mendengarkan” . Berthia menghabiskan 90 menitnya untuk menceritakan semua masalah yang sebelumnya tidak ia ceritakan kepada siapapun.

“ Sersan Briggs memberiku alasan untuk mencoba lagi” ujar Berthia.

Dikutip dari wawancara nya dengan surat kabar San Fransisco Chronicle, Sersan Briggs mengatakan bagaimana perasaan nya terhadap orang- orang yang ingin bunuh diri, “Saya menghabiskan waktu untuk mengajak orang-orang yang ingin bunuh diri dari sepuluh menit hingga tujuh jam. Saya sangat benci rasanya kehilangan. Saya akan melakukan apa pun yang saya bisa untuk membuat orang-orang itu kembali ke pagar. I play to win. "

Sebelum menjadi petugas patroli jalan raya, sersan Briggs menghabiskan tiga tahunnya bekerja sebagai tentara Angkatan Darat sebelum ia dipulangkan karena di diagnosis kanker. Ia lalu berjuang melawan kanker nya sebelum akhirnya bekerja sebagai petugas patroli jalan raya. Sersan Briggs menghabiskan 20 tahun nya dengan bekerja di California State Highway Patrol hingga pada tahun 2013 ia memutuskan untuk pensiun.

Briggs tidak pernah mengikuti pelatihan pencegahan bunuh diri atau penyakit mental sebelum mengambil pekerjaan ini, tetapi sejak itu ia telah menjadi ahli yang begitu dihormati dan turut membantu melatih FBI dan beberapa perusahaan besar. Briggs disebut 'pahlawan Amerika sejati' oleh Robert Gebbia, direktur American Foundation for Suicide Prevention, dan merupakan salah satu pembicara paling aktif di Amerika Serikat dalam mempromosikan manajemen krisis, keterampilan kepemimpinan, dan intervensi dan pencegahan bunuh diri di seluruh dunia. Sampai saat ini, TED Talk-nya telah ditonton jutaan kali.

Source :

https://en.wikipedia.org/wiki/Kevin_Briggs

https://en.wikipedia.org/wiki/Suicides_at_the_Golden_Gate_Bridge

https://www.amazon.com/Guardian-Golden-Gate-Protecting-Between/dp/0990437574

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.