Fakta Belalang Sembah Yang Belum Diketahui

Knowledge Mei 07, 2020

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQ2Xx82i9bP1x6ZlyxcRtWiJBTTrrl5Q9eTbwE_ARqT-tNoV7ow&usqp=CAU

Belalang sembah adalah yang tergolong serangga karnivora sekaligus kanibal , belalang sembahpun punya potensi dalam mengurangi hama sawah sebab belalang sembah berada di piramida makanan teratas yang mampu membunuh berbagai hewan seperti burung , ular , tikus , dan serangga lainnya.

Belalang sembah dikenal dengan predator polifagus dimana predator tersebut mempunyai keuntungan, yaitu bisa bertahan pada kondisi jumlah populasi mangsa yang sedikit karena berpeluang mendapatkan mangsa alternatif.

Berikut fakta belalang sembah :

  1. Predator berstrategi.

Dengan kulit belalang sembah yang menyerupai keadaan sekitar , balalang sembah mampu berkamuflase dan dalam keadaan kamuflase belalang sembah tidak terang terangan menyerang mangsanya , namun belalang sembah akan mencari celah untuk menyerang.

2. Membunuh Dengan Keji.

Kaki belalang sembah yang bergerigi tajam itu, mampu mematahkan leher mangsanya dan gigi yang mampu mencabik cabik daging mangsanya kemudian menyisakan kaki , sayap , tangan dan bagian tubuh mangsanya yang tidak disukainya.

3. Si Pemakan Otak Mangsanya.

Dalam kasus di amerika serikat belalang sembah memakan otak burung kolibri di suatu kebun pada tahun 1864 , terdapat 147 kasus. Modus operasi yang dilakukan belalang sembah tampaknya dengan mendekati burung, yang selalu tergantung ke bawah, lalu masuk ke rongga tengkorak melalui salah satu mata, lantas memakan jaringan otak, tulis José Luis Copete dalam laporannya.

4. Membunuh Pasangannya Usai Kawin.

Tidak seperti hewan biasa yang kawin pada musim semi, belalang sembah kawin pada musim gugur dan pada waktu saat kawin belalang sembah betina akan memenggal pasangan jantannya guna untuk memenuhi nutrisi dimusim gugur, dimana sulit untuk menemukan mangsa dalam pemenuhan nutrisi sang betina, namun dari keseluruhan perkawinan hanya 16% yang kanibalisme sisanya pejantan hanya mampir untuk menikmati betinanya lalu melarikan diri. Dan untuk wanita sudahkah kalian sadar dengan ini ? Jadi kalo pms jangan kasar kasar nanti ditinggalin loh.

5. Fungsi Leher Yang Mirip Dengan Burung Hantu.

Tidak hanya burung hantu saja yang mampu memutar 270 derajat , berbeda dengan belalang sembah yang hanya mampu memutarkan kepalanya 180 derajat , dengan kemampuan ini juga belalang sembah mampu memantau disekitarnya.

6. Mampu Melindungi Telur Dengan Busanya.

Oothecae merupakan sejenis busa yang di hasilkan oleh belalang sembah betina yang sedang hamil di musim gugur. Di dalam oothecae tersimpan 300 butir telur yang terlindungi di dalam kantong busa. Setelah bertelur, biasanya belalang betina akan mati.

7. Mempunyai Mata Fleksible.

Pada tahun 2016 , para ahli membuat suatu kacamata 3 dimensi untuk dipakai di belalang sembah guna untuk penelitian pada matanya , namun para ahli dikagetkan dengan belalang sembah yang memproses informasi visual. Bila manusia dan hewan lainnya memfungsikan stereopsis dengan membandingkan tingkat kecerahan dua obyek yang dilihat secara terpisah oleh mata mereka, belalang justru berfokus terhadap tingkat kecerahan yang berubah-ubah di antara dua obyek yang terlihat dari matanya. Teknik ini membuat belalang sembah mampu mengukur jarak terhadap obyek, meskipun obyek telah disamarkan dengan latar belakang yang sama dengan bentuk obyek.

8. Gesit.

Belalang sembah mempu menyerang dengan kecepatan 1/20 detik secepat meninggalkanmu.

Sc:

https://amp.kompas.com/sains/read/2018/02/14/183300623/kacamata-3d-mini-ungkap-rahasia-mata-belalang-sembah-saat-berburu

https://jogja.tribunnews.com/amp/2017/07/12/seperti-zombie-inilah-fakta-mengerikan-belalang-sembah-yang-belum-kamu-ketahui

https://www.idntimes.com/science/discovery/amp/nuke-diah-ayuning/fakta-unik-belalang-sembah-exp-c1c2

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.