Dampak Pandemi COVID-19 Meluas, Google dan Apple hingga Huawei Turun Tangan

Knowledge Apr 17, 2020
Source : https://www.apple.com/newsroom

Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan krisis yang mungkin dapat menjadi sejarah kelam dalam peradaban manusia karena dampaknya yang dapat menyamai sebuah perang dunia. COVID-19 yang disebabkan oleh virus Sars-Cov-2 atau lebih dikenal dengan corona virus ini telah tersebar di hampir seluruh dunia hingga WHO sendiri telah menyatakan penyakit ini sebagai sebuah Pandemi, skala tertinggi penyebaran penyakit menular. Setiap negara yang "disinggahi" oleh virus ini dan menginfeksi warganya, akan mendapatkan dampak terhadap berbagai sektor di negara tersebut, baik itu perekonomia hingga sosial budayanya.

Melihat dampak tersebut yang terus bertambah parah di beberapa negara, beberapa perusahaan teknologi besar seperti Google dan Huawei pun turun tangan untuk menanggulangi dampak tersebut. Hal tersebut dapat menjadi angin segar, sebab produk mereka telah tersebar luas diseluruh dunia dan dapat digunakan sebagai "ujung tombak" pengendalian dampak pandemi ini

Google Dan Apple


Dimulai dari Google dan Apple yang bekerja sama untuk menanamkan aplikasi tracker di seluruh smartphone mereka di seluruh dunia.
Google akan menginstall aplikasi ini untuk seluruh pengguna Smartphone Android di seluruh dunia melalui update di Google Play di Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru. Dihimpun dari The Verge, Rabu (15/4/2020), Google mengatakan update untuk menanam sistem pelacakan Covid-19 berbasis koneksi Bluetooth ini akan disalurkan dalam dua tahap. Pertama adalah peluncuran Application Programming Interface (API) yang akan dilakukan bulan depan. Kemudian, tahap kedua berupa penerapan API ke dalam sistem operasi.

Source : https://www.apple.com/newsroom


Untuk Apple sendiri, Apple menanamkan tracker tersebut di maps mereka. Tracker tersebut akan melacak seluruh jejak perjalanan dan dari pengguna smartphone mereka.

Huawei


Sementara dari Huawei, perusahaan teknologi asal Tiongkok ini menggunakan teknologi cloud mereka untuk menekan dampak dari COVID-19 di berbagai sektor. President of Huawei Cloud Global Market, Deng Tao mengatakan upaya melawan virus corona menghadapi 4 tantangan besar yang coba diatasi Huawei.

Source : Alexander Koerner/Getty Images

"Bagaimana virus bisa dideteksi dengan cepat, bagaimana menyediakan dukungan untuk dokter, bagaimana murid bisa tetap belajar dan bagaimana membantu perusahaan menjalani masa krisis ini," kata Deng dalam konferensi pers online, Jumat (3/4/2020).
Salah satu strategi untuk mengatasi dampak tersebut adalah dengan membuat AI Healthcare yang akan membantu para dokter menghemat waktu untuk mengatasi virus corona seperti deteksi virus, analisa gnome, pencitraan medis, penemuan obat dan CT scan.
Selain itu, Huawei melalui layanan cloud computing mereka juga menawarkan solusi untuk masalah pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Huawei Cloud memakai ULearning dan BambooCloud dengan contoh penerapan di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sementara untuk bisnis, Huawei menyarankan para pelaku bisnis untuk menggunakan layanan enterprise cloud sebagai platform bisnis mereka agar tetap berjalan di tengah pandemi ini.


Teknologi yang diproduksi oleh Google, Apple, dan Huawei telah banyak digunakan oleh seluruh penduduk dunia, tak terkecuali Indonesia, Sehingga dapat menghasilkan data yang sangat berguna dalam rangka "memerangi" virus corona ini di Indonesia. Diharapkan penerapan teknologi dalam bentuk aplikasi dan layanan tersebut dapat digunakan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka mempercepat penanganan dampak penyakit COVID-19 ini. Mulai dari masalah di kesehatan masyarakat, ekonomi, bisnis, hingga sosial budaya.

Penulis : Andi Alifsyah

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/15/09010017/sistem-pelacak-covid-19-dari-google-akan-disebar-ke-ponsel-android
https://www.apple.com/newsroom/2020/04/apple-makes-mobility-data-available-to-aid-covid-19-efforts/
https://inet.detik.com/cyberlife/d-4964247/huawei-cloud-gelar-3-teknologi-buat-lawan-covid-19

Andi Alifsyah Dyasham

Just a curious boy

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.