Cauliflower Ear, Cedera Telinga yang Sering dialami Pegulat

Apr 17, 2020
Cauliflower Ear pada telinga pegulat.

Halo guys,kita ketemu lagi. Pada kesempatan kali ini kita bakalan membahas sesuatu yang ngeri-ngeri sedap nih. Buat kalian yang suka dan sering menonton pertandingan MMA dalam turnamen UFC atau One Pride, kalian pasti lihat dong,gimana ngerinya pegulat MMA ini saat bertanding.

Ada berbagai macam gerakan yang sangat populer seperti  Leg Kicks From Hell, Showtime Kick, Kick of Death, Front Kick, Armbar Lock, Left Hand Hook, H-Bomb (Overhand Right), Hellbow (Spinning Back Elbow), Liver Shot, Heel Hook, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit pegulat yang mengalami cedera, mulai dari yang ringan hingga berat. Salah satu cedera yang membekas dan menjadi ciri khas setiap pegulat MMA adalah Cauliflower ear atau telinga kembang kol.

Kalian pasti bingung dan bertanya-tanya “Apaan sih cauliflower  cauliflower ? Baru denger “ .

Yuk,kita bahas bareng-bareng.

Jadi, cauliflower ear adalah kerusakan serius akibat benturan pada telinga. kecacatan ini dapat disebabkan oleh trauma tumpul yang langsung mengenai area telinga. Akibatnya, banyak darah disekitar telinga yang terperangkap dan menyebabkan penumpukan keping darah.

Tekanan darah akhirnya meningkat sehingga aliran darah disekitarnya juga terganggu dan menyebabkan kerusakan jaringan tulang rawan akibat tidak menerima suplai darah yang cukup. Hal inilah yang menyebabkan kecacatan daun telinga dan rongga telinga bagian luar guys. Cacat telinga ini pada akhirnya membentuk semacam gumpalan yang mirip seperti kembang kol.

Cauliflower ear paling sering terjadi pada orang yang berpartisipasi dalam olahraga kontak dekat, seperti gulat atau tinju. Dalam gulat, misalnya, trauma dapat terjadi karena kepala lawan saling menggosok atau karena saling memukul satu sama lain selama pertandingan,bisa juga kontak dengan tikar gulat. Cedera ini juga bisa terjadi pada non-atlet. Entah itu karena kecelakaan atau adanya pertengkaran fisik.

Beberapa pegulat MMA yang memiliki cacat telinga ini adalah Khabib Nurmagomedov, Conor McGregor, Dustin Poirier, Kamaru Usman dan Jon Jones.

Nah, buat kalian yang beberapa waktu dekat ini ingin mempelajari seni bela diri seperti MMA, tinju, muay thai, karate, taekwondo atau segala jenis olahraga fisik yang mengandung unsur kontak - dekat, ada baiknya jika kalian mulai sekarang selalu menggunakan Head Gear untuk melindungi sisi samping kepala kalian untuk menghindari resiko cacat Cauliflower ear ini ya guys.

Source :

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/cauliflower-ear-symptoms-causes-treatments#1

https://en.wikipedia.org/wiki/Cauliflower_ear

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengenal-trauma-telinga-cauliflower-ear/

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.