Black Hole Terdekat Dari Bumi Hanya Berjarak 1,000 Tahun Cahaya

Science Mei 08, 2020

Lubang hitam dengan nama HR 6819 yang baru ditemukan mungkin merupakan lubang hitam terdekat dengan Bumi, dan Anda dapat melihat rumah kosmiknya di langit malam tanpa teleskop.

Lubang hitam, yang mengintai 1.000 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang selatan Telescopium, milik sistem dengan dua bintang pendamping yang cukup terang untuk diamati dengan mata telanjang. Tetapi Anda tidak akan bisa melihat lubang hitam itu sendiri. objek masif memiliki tarikan gravitasi yang kuat sehingga tidak ada apa pun (bahkan cahaya) yang dapat menghindarinya.

Para astronom menemukan lubang hitam ini ketika mempelajari apa yang mereka pikir hanyalah sistem bintang biner, atau dua bintang yang mengorbit pusat massa bersama. Mereka menggunakan teleskop 2,2 meter MPG / ESO di Observatorium La Silla di Chili untuk mengamati biner, yang dikenal sebagai HR 6819, sebagai bagian dari studi yang lebih luas pada sistem bintang ganda. Ketika mereka menganalisis pengamatan mereka, para peneliti terkejut mengetahui bahwa objek ketiga bersembunyi di sistem adalah lubang hitam. Mereka menghitung bahwa benda itu adalah lubang hitam bermassa bintang. sebuah lubang hitam yang terbentuk dari runtuhnya bintang yang sekarat itu sekitar empat kali massa matahari. Pengamatan juga menunjukkan bahwa salah satu dari dua bintang mengorbit objek tak terlihat setiap 40 hari, sedangkan bintang lainnya berada dengan jarak yang lebih jauh dari lubang hitam.

Referensi:
https://www.space.com/amp/closest-black-hole-to-earth-discovery.html https://m.detik.com/inet/science/d-5005592/lubang-hitam-paling-dekat-dengan-bumi-ditemukan

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.