Galaksi PKS 2014-55 Memiliki Black Hole Berbentuk Boomerang

Science Mei 15, 2020

Gambar radio dari Teleskop Radio MeerKAT di Afrika Selatan menunjukkan galaksi PKS 2014-55, Berjarak 800 juta tahun cahaya dari Bumi.

Di banyak galaksi, pancaran energi diperas ke luar oleh lubang hitam yang bersembunyi di tengah, dan melesat ke arah berlawanan ke luar angkasa.

Namun dalam beberapa galaksi yang tampak aneh, pancarannya berbentuk empat balok dalam bentuk X. Sekarang, pengamatan astronomi radio telah menunjukkan bagaimana hal itu terjadi.

Para astronom tidak kesulitan memahami bagaimana lubang hitam benda sangat padat sehingga bahkan cahaya tidak dapat lepas dari cengkeraman gravitasinya dapat menjadi benda paling bercahaya di alam semesta, yang memperkuat quasar.  Tekanan dalam pusaran api yang mengelilingi lubang hitam mengeluarkan partikel berenergi tinggi dari atas dan bawah donat.

Tetapi galaksi yang dikenal sebagai PKS 2014-55 berbeda.  Galaksi elips tua ini berjarak sekitar 800 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Telescopium, dan semburannya berbentuk seperti dua bumerang yang ditempatkan kembali ke belakang untuk membentuk X.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.