Bagaimana Black Hole Menciptakan Energi

Science Jun 26, 2020

Apakah Black Hole Dapat Menciptakan Energi?

Berdasarkan teori Roger Penrose tahun 1969 yang mengatakan bahwa lubang hitam ( Black Hole ) dapat menciptakan energi, akhirnya para ilmuwan di Fakultas Fisika dan Astronomi Universitas Glasgow telah membuktikan bahwa teori ini dapat dibuktikan tanpa harus menunggu peradaban maju atau bantuan alien sekalipun.

Apa hubungan peradaban maju dan alien di dalam pembuktian teori ini?

Jadi, Roger Penrose dahulu mengatakan bahwa penciptaan energi di black hole hanya dapat di lakukan pada saat teknologi sudah sangat maju atau dengan bantuan alien karena keterbatasan teknis akan akibat-akibat yang dapat timbul dalam percobaan tersebut.

Nah, saat ini peneliti Glasgow mengatakan mereka telah bereksperimen dan menemukan cara untuk menunjukkan efek menggunakan gelombang suara, yang membutuhkan permukaan rotasi yang jauh lebih lambat.

Para peneliti mengirimkan gelombang suara dengan menggunakan cincin pengeras suara yang berputar ke arah piringan berputar dan menempelkan dua mikrofon ke lubang hitam terdekat dari bumi dengan lebar 25 mil.

Pada saat gelombang suara tertangkap dan melewati piringan dengan pitch yang diamplifikasi atau diperbesar hingga 30% dari suara aslinya , yang ternyata menghasilkan efek rotasi Doppler.

Apa sih efek Doppler itu ?

Menurut pendapat Marion Cromb, penulis utama makalah itu, mengatakan: “Versi linear dari efek Doppler sudah umum bagi kebanyakan orang.

“Fenomena ini dapat kita temui pada nada sirene ambulans yang terdengar nyaring ketika mendekati pendengar dan terdengar merendah saat ambulans menjauh”.

Mereka menambahkan: “Efek rotasi Doppler serupa, tetapi efeknya terbatas pada ruang melingkar.

“Gelombang nada suara berputar dan berubah ketika diukur dari sudut pandang permukaan yang berputar.

"Jika permukaan berputar cukup cepat, maka timbul keanehan dalam frekuensi suara yang dapat beralih dari frekuensi positif ke frekuensi negatif dengan mencuri energi dari rotasi permukaan."

Tetapi, selama percobaan, para peneliti menemukan bahwa ketika gelombang suara mengenai piringan berputar, suara yang tertangkap terlalu rendah untuk didengar.

Profesor Daniele Faccio, penulis yang menulis bersama Marion Cromb mengatakan: "Kami senang dapat memverifikasi secara eksperimental beberapa penemuan fisika yang unik setengah abad setelah teori itu pertama kali diusulkan.

“Aneh untuk berpikir bahwa kami dapat mengkonfirmasi teori setengah abad di lab kami, tetapi kami pikir itu akan membuka banyak jalan baru eksplorasi ilmiah.”

"Kami masih memiliki rencana dan ingin melihat bagaimana kami dapat menyelidiki efek pada berbagai sumber seperti gelombang elektromagnetik dalam waktu dekat ini."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.