Aplikasi PeduliLindungi, Solusi Pemerintah untuk COVID-19

Knowledge Apr 26, 2020

Dampak pandemi COVID-19 di Indonesia semakin lama semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari worldometers (25/4), jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia sudah mencapai angka 8.607 kasus dengan 720 kematian. Dampak dari penyakit yang awalnya bermula di Wuhan, Tiongkok ini sudah merambah ke berbagai sektor strategis di Indonesia, seperti sektor ekonomi, industri, perhubungan, dan sosial-budaya.

Untuk menanggulangi dampak tersebut, pemerintah sudah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk memperlambat penyebaran virus ini di Indonesia, seperti pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah, serta pelarangan mudik untuk lebaran tahun ini. Selain itu, salah satu solusi yang juga dikeluarkan oleh pemerintah adalah dengan merilis aplikasi PeduliLindungi melalui kementrian komunikasi dan informatika.

Fitur


Ada beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini bagi penggunanya, salah satunya adalah notifikasi apabila penggunanya berkunjung ke daerah yang ramai atau berada di zona merah (daerah/kelurahan) yang terdapat pasien positif COVID-19 atau PDP.

Home PeduliLindugi | By Andi Alifsyah

Aplikasi ini bekerja dengan mengandalkan partisipasi pengguna dengan mengaktifkan Bluetooth dan GPS yang nantinya akan digunakan sebagai data untuk menjalakan fitur fitur dari aplikasi PeduliLindungi ini. Bluetooth akan berfungsi untuk mendeteksi pengguna lain di sekitarnya, khususnya untuk memberikan notifikasi apabila pengguna pernah berada di sekitar pasien positif atau PDP. Bluetooth ini juga dapat digunakan oleh instansi yang berwenang untuk merekam dan melacak transmisi COVID-19 dari pasien positif ke orang lain sehingga akan lebih mudah dan lebih cepat dideteksi oleh pemerintah. Sementara GPS digunakan untuk memberi notifikasi ke pengguna apabila berada di daerah zona merah atau keramaian.

Prinsip penggunaan aplikasi ini sama dengan strategi yang digunakan oleh pemerintah Tiongkok untuk melakukan pelacakan pasien yang berisiko mengidap COVID-19 dari pasien positif lainnya. Walaupun demikian, efektivitas dari aplikasi ini tetap bergantung dari data partisipan, semakin banyak masyarakat yang menjadi partisipan dan pengguna aplikasi ini, maka semakin akurat pula hasil dari aplikasi ini untuk memperlambat penyebaran penyakit COVID-19 di Indonesia. Oleh karena itu,  Menkominfo, Johnny G Plate, mengimbau kepada masyarakat agar menginstal dan mengaktifkan aplikasi ini di smartphone masing masing sedini mungkin.

Aplikasi PeduliLindungi ini dapat didownload di website resminya, yaitu di pedulilindungi.id. Aplikasi ini juga tersedia di Google Play Store bagi pengguna smartphone Android dan di Apps Store bagi pengguna smartphone iOS

Penulis : Andi Alifsyah

Sumber

https://pedulilindungi.id/
https://www.liputan6.com/news/read/4231292/peduli-lindungi-cara-mudah-pantau-lokasi-sebaran-corona-covid-19-di-indonesia
https://tekno.kompas.com/read/2020/03/29/18020057/aplikasi-peduli-lindungi-untuk-melacak-covid-19-sudah-bisa-diunduh

Andi Alifsyah Dyasham

Just a curious boy

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.