Apa Itu Sinar Gamma?

Mei 11, 2020

Sinar gamma memiliki panjang gelombang terkecil dan energi paling banyak dari gelombang apa pun dalam spektrum elektromagnetik. Sinar Gamma diproduksi oleh objek terpanas dan paling energik di alam semesta, seperti bintang neutron dan pulsar, ledakan supernova, dan daerah di sekitar lubang hitam.  Di Bumi, gelombang gamma dihasilkan oleh ledakan nuklir, kilat, dan aktivitas peluruhan radioaktif

sinar gamma tidak dapat ditangkap dan dipantulkan oleh cermin.  Panjang gelombang sinar gamma sangat pendek sehingga mereka dapat melewati ruang dalam atom detektor.  Detektor sinar gamma biasanya mengandung blok kristal padat.  Saat sinar gamma lewat, mereka bertabrakan dengan elektron di dalam kristal.  Proses ini disebut hamburan Compton, di mana sinar gamma menyerang elektron dan kehilangan energi, Tabrakan ini menciptakan partikel bermuatan yang dapat dideteksi oleh sensor.

Semburan sinar gamma adalah peristiwa elektromagnetik paling energik dan bercahaya sejak Big Bang terjadi, sinar gamma membuat peluang unik untuk para astronomi meneliti objek-objek eksotis ini. menjelajahi alam semesta dengan energi tinggi, para ilmuwan dapat mencari fisika baru, menguji teori dan melakukan eksperimen yang tidak mungkin dilakukan di laboratorium Bumi.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.