Abell 2384: Pembentukan Jembatan Antara Dua Kluster Galaxy

Science Mei 13, 2020

Beberapa ratus juta tahun yang lalu, dua galaksi bertabrakan dan kemudian saling melewati.  Peristiwa hebat ini mengeluarkan banjir gas panas dari masing-masing gugusan galaksi yang membentuk jembatan yang tidak biasa di antara kedua benda tersebut.  Jembatan ini sekarang dihantam oleh partikel-partikel yang didorong menjauh dari Super Massive Black Hole.

Cluster galaksi adalah benda terbesar di alam semesta yang disatukan oleh gravitasi.  Mereka mengandung ratusan atau ribuan galaksi, sejumlah besar gas multi-juta derajat yang bersinar dalam sinar-X, dan reservoir besar materi gelap yang tak terlihat.

Sistem yang dikenal sebagai Abell 2384 menunjukkan struktur raksasa yang dapat terjadi ketika dua galaksi bertabrakan.  Sebuah jembatan gas yang sangat panas di Abell 2384 diperlihatkan dalam gambar komposit sinar-X dari Observatorium Sinar-X NASA dan ESMM XMM-Newton , serta Teleskop Radio Raksasa Metrewave di India.  Pandangan multi-panjang gelombang baru ini mengungkapkan efek dari penembakan jet jauh dari lubang hitam supermasif di pusat galaksi di salah satu cluster.  Jet itu begitu kuat sehingga menekuk bentuk jembatan gas, yang membentang selama lebih dari 3 juta tahun cahaya dan memiliki massa sekitar 6 triliun Matahari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.