7 Fakta tentang Negara Kuwait

Knowledge Jun 10, 2020

Tahukah kamu sebuah negara di Jazirah Arab yang bernama Kuwait? Melihat letaknya, yang terbayang di pikiranmu pasti tidak jauh dari gurun pasir, tanah tandus, dan cuaca panas, bukan? Namun ternyata banyak hal menarik tentang negara Kuwait loh.. Apa aja sih? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

1.    Kuwait Negara Cabe Rawit

Bukan berarti mereka menanam banyak cabe rawit yaa, maksudnya walaupun Negara Kuwait ini bukanlah negara yang besar –luasnya bahkan hanya setengah dari luas provinsi Jawa Barat, tapi memiliki banyak keunggulan terutama dalam sektor ekonomi. Hal ini tidak lain karena sumber daya alam berupa minyak bumi yang mereka miliki begitu melimpah dan pemerintah Kuwait dapat mengolahnya dengan sangat baik.

Cadangan minyak milik Kuwait yang sudah diketahui mencapai 96,8 miliar barel atau 10% cadangan dunia, nomor empat di dunia. Deposit gas alamnya mencapai 1,498 triliun meter kubik atau 1,1% deposit gas alam dunia. Minyak bumi yang dimiliknya menyumbang 90% pendapatan negara dan setengah dari GDP negara tersebut.

2.    Memiliki Mata Uang dengan Nilai Tertinggi di Dunia

Tahukah kamu apa mata uang dengan nilai tertinggi di dunia?

Apakah kamu masih menjawab dolar? Atau euro? Atau poundsterling? Jika iya, itu berarti kamu belum tahu tentang Dinar Kuwait!

Nyatanya mata uang negara Kuwait tersebut memang benar-benar menempati peringkat pertama sebagai mata uang terkuat di dunia. 1 dinar nilainya sama dengan 3,25 US dolar loh! Jadi jangan kaget mengetahui berapa nilainya jika dikonversi ke dalam rupiah, dengan 1 dinar tadi kamu sudah bisa mentraktir setidaknya tiga orang temanmu jajan bakso lengkap dengan es teh nya. Berapa tuh kira-kira? Iya, kamu tidak salah hitung, nilainya mencapai 49 ribu rupiah! (Eitts.. tapi jangan tanya di warung bakso mana ya)

Bagaimana tidak setinggi itu jika sampai saat ini Kuwait termasuk ke dalam jajaran negara dengan pendapatan negara dan pendapatan perkapita tertinggi di dunia. Kuwait mampu mengolah sumber daya alamnya dengan sangat baik, tidak heran jika hal tersebut berdampak pada mata uang yang dimilikinya, yakni Dinar Kuwait. Kapan yaa posisi Dinar Kuwait ini digantikan oleh Rupiah? Hmm.

3.    Air Lebih Mahal dari Minyak

Di Kuwait, harga 600 ml air mineral adalah 100 fils atau 3.400 rupiah sementara harga 1 liter bensin hanyalah 65 fils atau hanya 2.210 rupiah saja. Jadi kalo mau bensin murah tapi kualitas super, belinya langsung ke Kuwait aja yaa hehe.

Menurut sebuah studi, sebanyak 73,5% sumber air Kuwait berasal dari air laut yang dijernihkan. Saat ini pun negara kecil yang terapit antara Irak dan Arab Saudi ini sudah mengalami krisis air, karena instalasi yang ada tidak memadai. Desalinisasi air laut yang menelan biaya besar hingga kini masih menjadi satu-satunya solusi kelangkaan air di negara-negara teluk.

Sumber air bersih Kuwait berada di Al-Shiqaya dan Al-Rawdatayn, akan tetapi keberadaan sumber air tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih nasional, oleh karena itu negara ini melakukan penyulingan air laut untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Tapi jangan salah walaupun Kuwait memiliki sumber daya air yang buruk, tapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa mereka telah menempatkan Kuwait sebagai negara Arab dengan kualitas air minum dan air limbah yang diolah paling baik, diikuti oleh Bahrain, Yordania, Tunisia, Oman, Maroko dan Lebanon, menurut standar WHO.

4.    Gudang Ban Bekas yang Terlihat dari Luar Angkasa

Di sebuah gurun di kota Sulaibiya dapat ditemukan pemandangan hamparan ban bekas. Ternyata lokasi tersebut merupakan tempat pembuangan ban bekas terbesar di dunia, saking besarnya bahkan dapat terlihat dari luar angkasa.

Dilansir Daily Mail, Senin (10/6/2013) sudah ada 7 juta ban dibuang ke tempat ini. Belakangan diketahui ban-ban bekas tersebut tidak hanya dari mobil-mobil di Kuwait tapi juga dari berbagai negara.

Saking banyaknya jumlah ban bekas, petugas pembuangan tersebut harus menggali lubang raksasa setiap tahun agar dapat menampungnya. Dikabarkan ada empat perusahaan yang mengelola lokasi tersebut dan menghasilkan dana yang tidak sedikit. Biasanya perusahaan menerima ban-ban bekas dari negara-negara Eropa yang enggan melakukan daur ulang ban. Kenapa harus jauh-jauh dibuang ke Kuwait? Karena di Eropa pembuangan limbah ban bekas itu ilegal.

Sementara di Kuwait ban bekas akan didaur ulang yang kemudian digunakan untuk tempat bermainan anak-anak, jogging track, arena olah raga, bahan bakar pembuatan semen, dasar karpet, hingga lantai karet.

5.    Suhu Panas yang Menyengat dan Dingin yang Menusuk

Pada musim panas, suhu di kuwait biasanya sekitar 50 sampai dengan 54 derajat Celsius.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) secara resmi mengevaluasi rekor suhu ekstrem di beberapa negara dan mengatakan dua negara  yaitu Kuwait dan Pakistan yang masing-masing bersuhu paling tinggi 54 derajat Celsius merupakan daerah dengan suhu paling ekstrem.

Dalam evaluasi paling intensif yang pernah dilakukan, Arsip Cuaca dan Iklim WMO menunjukkan daerah Mitribah, Kuwait bersuhu 53,9 derajat Celcius dan merupakan suhu tertinggi dalam 76 tahun terakhir.

Saat musim dingin pun tidak kalah ekstrim. Suhu di kuwait terutama di daerah gurun biasa berada dibawah 0 derajat Celsius, tepatnya -5 derajat Celsius. Meski begitu untungnya masyarakat Kuwait sudah terbiasa dengan kondisi cuaca tersebut, beberapa aktifitas seperti pergi ke taman dan pantai tetap biasa dilakukan walaupun di musin dingin.

6.    Surga bagi Pemburu Harga Murah dan Gratisan

Pemerintah Kuwait bisa dibilang tidak tanggung-tanggung dalam memanjakan penduduknya. Apalagi kalau bukan disediakan banyaknya layanan umum yang kalau tidak gratis sudah pasti murah meriah.

Padang pasir di Kuwait mengandung energi matahari dan angin yang melimpah. Potensi matahari, yang diukur dalam radiasi horizontal global, berjumlah 1.900 kilowatt-jam per meter persegi per tahun, menurut data Badan Energi Terbarukan Internasional. Hal ini mendukung pemerintah untuk memberikan listrik gratis bagi penduduknya.

Lalu layanan kesehatan seperti rumah sakit, misal untuk biaya persalinan saja hanya dipinta biaya 1,5 KD sampai 2 KD saja atau sekitar 75 ribu – 100 ribu rupiah saja dan itu sudah mencakup semua biaya, mulai dari biaya persalinan, obat-obatan dan kamar. Tidak heran keluarga disini memiliki banyak anak.

Lalu untuk bidang transportasi diketahui kendaraan umum di Kuwait hanya ada bis. Hal itu karena mayoritas penduduknya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Yap. Kalau begitu, bisa dipastikan harga mobil disana pasti lebih murah dibanding negara lainnya. Harga mobil baru di Kuwait bisa hanya 40%  hingga 25% dari harga mobil di Indonesia. Wah.. Jadi pengen pindah negara aja rasanya.

Banyak pula ditemukan kursus Bahasa Arab gratis di perguruan-perguruan tinggi seperti di Kuwait University.

7.    Memiliki Bangunan Tertinggi di Dunia

Al Hamra Tower, pencakar langit setinggi 412,6 meter rancangan firma arsitektur Skidmore, Owings and Merrill, merupakan gedung tertinggi di Kuwait.

Selain menempati posisi pertama bangunan tertinggi di Kuwait dan ke-20 di dunia, bangunan ini juga mendapat banyak pujian lantaran mampu bertahan dalam kondisi iklim yang begitu panas. Tak kalah, arsitektur gedung ini, beserta titik pandang yang fungsionalnya pun menuai banyak pujian. Dengan lift yang beroperasi secepat pelari olimpiade, banyak pula yang memuji Al Hamra berkat bentuk gedung beserta sudut jendelanya di dinding selatan. Jendela-jendela tersebut mampu memberikan pemandangan menyeluruh atas seluruh kota dan semenanjung sampai ke gurun. Karena keunggulan-keunggulan tersebut Al-Hamra Tower berada pada urutan ke-2 sebagai gedung pencakar langit terbaik di dunia versi Emporis.

Gimana? Sudah yakin mau pindah ke Kuwait? Aku sih, yes. Hihi. Eits, tapi... Di negara manapun kita tinggal, yang pasti jangan sampai melupakan tanah air tercinta yaa. Indonesia masih membutuhkanmu untuk membantunya maju. Semangat!

-Eva-

Referensi:

Gambar: https://kemlu.go.id/kuwaitcity/id/news/6009/lawan-covid-19-kuwait-beri-amnesti-overstayers

https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-kuwait

https://mamarantau.com/2015/05/21/merantau-di-kuwait/

https://oto.detik.com/mobil/d-2269099/pembuangan-ban-bekas-terbesar-di-dunia-bisa-dilihat-dari-ruang-angkasa

http://www.indonesiadikuwait.com/news/kuwait-memiliki-kualitas-air-minum-terbaik-di-antara-negara-arab/

https://tirto.id/negara-dengan-suhu-terpanas-di-dunia-mencapai-54-derajat-celsius-ekzi

https://properti.kompas.com/index.php/read/2012/12/06/17504720/~Berita

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.